leonitaverea08

come to join me :) you'll know how friendly I am

Angelina Sondakh Dituntut 12 Tahun Penjara

on December 21, 2012

Mantan Anggota Badan Anggaran (Banggar) Angelina Sondakh dituntut 12 tahun penjara oleh tim penuntut umum KPK. Jaksa menilai Angie terbukti telah menerima suap karena telah mengupayakan alokasi anggaran untuk proyek-proyek pada program pendidikan tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan program pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Selain pidana penjara, lanjut Jaksa Kresno Anto Wibowo, Angie juga dikenakan pidana denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. Bukan hanya itu, Angie juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp12,5 miliar dan AS$2,35 juta. Pembayaran uang pengganti ini dilakukan satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap. “Jika tidak dibayar dipidana selama dua tahun,” katanya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (20/12).

Perbuatan Angie ini sesuai dengan dakwaan pertama jaksa yakni melanggar Pasal 12 huruf a jo. Pasal 18 UU Pemberantasan korupsi jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP. Menurut Kresno, perbuatan Angie itu tak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi tapi malah memanfaatkan jabatannya selaku anggota dewan.

Selain itu, perbuatan Angie juga telah merusak hak sosial dan hak ekonomi masyarakat. Bahkan selaku wakil rakyat dan publik figur, perbuatan Angie tidak memberikan contoh yang baik ke masyarakat. “Angie juga tidak menyesali dan mengakui perbuatannya,” ujar Kresno.

Meski begitu, juga terdapat hal-hal yang meringankan untuk terdakwa Angie. Yakni, ddi persidangan, Angie selalu bersikap sopan, selain itu, mantan Puteri Indonesia itu juga memiliki tanggungan keluarga, belum pernah dihukum serta berusia muda sehingga diharapkan bisa memperbaiki perbuatannya.

Uang yang diterima Angie ini diutarakan oleh beberapa saksi. Seperti M Nazaruddin yang menyatakan rapat-rapat di Permai Grup dan rapat di Tim Pencari Fakta (TPF), bahwa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu telah memberikan uang ke terdakwa. Uang yang diberikan ke Angie dilakukan secara bertahap dengan fisik cash.

“Pemberian dilakukan secara tidak langsung, yakni melalui orang lain, kurir atau orang kepercayaan terdakwa,” kata Jaksa Kiki Achmad Yani.

Dalam fakta persidangan, terdakwa Angie juga terbukti pernah bertemu Menpora Andi Mallarangeng, Mahyuddin dan Nazar untuk membicarakan kesepakatan proyek wisma atlet. Setelah itu, kesepakatan pun ditindaklanjuti oleh Sesmenpora Wafid Muharram.

Hal tersebut senada dengan fakta yang terungkap bahwa Angie juga ikut menyetujui anggaran proyek wisma atlet yang masuk dalam APBNP 2010. “Terdakwa ikut menyetujui anggaran proyek wisma atlet yang masuk dalam APBNP 2010,” kata Kiki.

Penuntut umum meragukan dalih Angie yang menyatakan bahwa uang di rekeningnya berasal dari pendapatannya sebagai anggota dewan dan publik figur tidak bisa diterima. Karena saat menjadi anggota DPR, gaji Angie hanya Rp40 juta. Sedangkan beberapa pendapatan dari dipanggil sebagai bintang tamu di acara talkshow besarannya sekitar Rp1,4 juta sampai Rp4,9 juta.

“Bahwa uang yang diberikan ke terdakwa diambil dari brankas Permai Grup yang berasal dari keuntungan Permai Grup dari proyek-proyek di pemerintah sebagaimana dikatakan Yulianis. Sehingga terhadap terdakwa bisa dijatuhkan uang pengganti,” ujar Kiki.

Baik terdakwa maupun tim pengacara sama-sama akan mengajukan nota pembelaan (pledoi). Majelis hakim yang dipimpin Sujatmiko pun melanjutkan sidang dengan agenda pledoi dari terdakwa dan tim penasihat hukumnya dua pekan lagi. “Sidang dilanjutkan tanggal 3 Januari 2013, tapi dengan catatan tidak ada kata mundur (jadwal pledoinya),” ujar Sujatmiko.

Sumber : http://m.hukumonline.com/berita/baca/lt50d33171405de/angelina-sondakh-dituntut-12-tahun-penjara


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Apa Kamu Sadar Hukum ???

Anda Baca, Kami Bangga

ISMAYA DWI AGUSTINA

LIFE OF A LAW STUDENT

leonitaverea08

come to join me :) you'll know how friendly I am

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: