leonitaverea08

come to join me :) you'll know how friendly I am

Hakim Agung Yamanie Akhirnya Dipecat

on December 11, 2012

Image

JAKARTA – Majelis Kehormatan Hakim memecat Hakim Agung Achmad Yamanie secara tidak hormat. Hakim Yamanie terbukti melanggar kode etik terkait pemeriksaan perkara Peninjauan Kembali kasus Hengky Gunawan, pemilik pabrik narkoba dengan memberi keringanan dari pidana mati dari 18 tahun menjadi 15 tahun penjara.

“Hakim terlapor, Hakim Achmad Yamanie, terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim. Karena itu hakim terlapor diberhentikan secara tidak hormat sebagai Hakim Agung,” ujar Ketua Majelis Kehormatan Hakim Paulus E Lotulung dalam Sidang MKH di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (11/12/2012).

Sementara itu, anggota Majelis Kehormatan Hakim lainnya, Suparman Marzuki, menambahkan, pembelaan Hakim Yamanie yang disampaikan dalam sidang tidak berdasarkan bukti-bukti.

“Majelis MKH menilai pembelaan diri Hakim Yamanie tidak didasarkan bukti-bukti yang cukup dan tidak bisa diterima logika. Maka pembelaan diri hakim terlapor ditolak. Pembelaan hakim terlapor tidak dapat mematahkan fakta-fakta tim internal MA,” jelasnya.

Sebelumnya, Hakim Yamanie membacakan pembelaanya di depan MKH. Dalam pembelaannya tersebut, dia menjelaskan kronologis putusan PK gembong narkoba, Hengky Gunawan. Dia menerima berkas perkara PK tersebut dari Ketua Majelis Imron Anwari, Hakim Anggota Achmad Yamanie dan Nyak Pha, serta Panitera Pengganti Dwi Towo.

“Tugas saya sebagai hakim anggota adalah membaca dan mempelajari berkas perkara dan memberikan pendapat. Setelah mempelajari PK tersebut saya memberikan pendapat yang pada pokoknya adalah mengabulkan dan menyetujui supaya terdakwa Hengky dijatuhkan hukuman 18 tahun,” jelasnya.
Menurutnya, pendapatnya tersebut dimasukkan dalam amplop tertutup dan diserahkan kepada hakim pembaca kedua (P2), Hakim Nyak Pha. “Kemudian hakim P2 memberikan usul dan diberikan ke majelis hakim,” ujar Yamanie.
Pada 16 Agustus 2012 dia diundang bersama hakim Nyak Pha untuk melakukan musyawarah majelis. “Saat itu saya mengusulkan untuk mengabulkan PK terdakwa dan dijatuhi hukuman penjara 18 tahun, dan usulan saya disetujui oleh P2,”jelasnya.
Setelah memberikan pembelaannya, Yamanie mengharapkan agar Majelis MKH memberikan kepercayaan kepada dirinya dan tidak memberhentikannya. “Saya mengharapkan dengan segala hormat agar Majelis Yang Mulia memberikan kepercayaan kepada saya,” pinta Yamanie.

SUMBER : http://news.okezone.com/read/2012/12/11/339/730489/hakim-agung-yamanie-akhirnya-dipecat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Apa Kamu Sadar Hukum ???

Anda Baca, Kami Bangga

ISMAYA DWI AGUSTINA

LIFE OF A LAW STUDENT

leonitaverea08

come to join me :) you'll know how friendly I am

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: